usgRabu, 24 Mei 2017, USG (Ultrasonography) adalah alat yang prinsip dasarnya menggunakan gelombang suara frekuensi tinggi yang tidak dapat didengar oleh telinga kita. Dengan alat USG ini sekarang pemeriksaan organ-organ tubuh dapat dilakukan dengan aman (tidak ada Efek radiasi). Jadi kesimpulannya apabila pemeriksaan kehamilan seminggu sekali menggunakan alat USG ini sama sekali tidak ada efek negatifnya kepada bayi yang dikandung.

Sebagai salah satu sarana kesehatan untuk masyarakat, USG (Ultrasonografi) kini telah tersedia diPuskesmas Sungai Salak dan telah dioperasikan oleh dr. Eka Purwati Anut .

Adapun manfaaat USG diantaranya adalah Untuk mengetahui apakah sang calon ibu benar – benar hamil dan untuk mengetahui usia janin, Untuk mengkonfirmasi jumlah fetus, apakah ada satu atau lebih fetus dalam janin, bisa jadi janin yang dikandung adalah kembar, Mengukur jumlah cairan ketuban, apakah terlalu banyak atau terlalu sedikit, karena jika hal itu terjadi maka akan menimbulkan masalah, Untuk mengetahui letak janin, memastikan apakah ada kelainan janin atau tidak dan Untuk mengetahui kondisi plasenta untuk mendapati arahan dokter jika ada masalah yang tiba-tiba terjadi seperti plasenta previa dan lain sebagainya.

Dengan adanya USG ini semoga bisa membantu masalah perkembangan terutama bagi ibu hamil dan itu Terlihat dengan antusias ibu hamil dengan banyaknya antrian USG dipuskesmas Sungai Salak.

Kami senang sekali dengan adanya USG dipuskesmas Sungai Salak ini, kami tidak perlu jauh-jauh ke tembilahan untuk USG. Ujar salah seorang ibu hamil.

Hasil USG dipuskesmas tidak jauh berbeda dengan hasil USG didokter spesialis obgyn, hanya saja beda dimensinya, ujar dr. Eka Purwati Anut. Dan Pelayanan USG ini akan terus dibuka setiap hari Rabu dipuskesmas sungai salak.

Narasumber: ASMULIYANTI, SKM , pkm Sei Salak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here