peer konseling1Senin, 22 Mei 2017, PEER COUNSELOR menurut Mappiare yaitu menunjukkan pada teman sebaya dalam suatu situasi konseling kelompok yang saling membantu dan mendukung satu sama lain, menunjuk pula pada orang-orang dalam kelompok usia sama, khususnya remaja, yang saling membantu sesama teman sebaya atau saling mengonseling satu-sama lain, setelah mereka mendapatkan sejumlah pelatihan konseling.

Teman sebaya atau peers  adalah anak-anak atau remaja dengan tingkat kematangan atau usia yang kurang lebih sama. Salah satu fungsi terpenting dari kelompok teman sebaya adalah untuk memberikan sumber informasi dan komparasi tentang dunia di luar keluarga. Melalui kelompok teman sebaya individu menerima umpan balik dari teman-teman mereka tentang kemampuan mereka. Remaja menilai  apa-apa yang  mereka  lakukan, dan apakah dia  lebih  baik dari pada teman-temannya, sama, ataukah lebih buruk dari apa yang remaja  lain kerjakan, Hal demikian akan sulit dilakukan dalam keluarga karena saudara-saudara kandung biasanya lebih tua atau lebih muda (bukan sebaya).
Hubungan yang baik di antara teman sebaya akan sangat membantu perkembangan aspek sosial anak secara normal. Anak  pendiam yang ditolak oleh teman sebayanya, dan merasa kesepian berisiko menderita depresi, Anak-anak yang agresif terhadap teman sebaya berisiko pada berkembangnya sejumlah masalah seperti kenakalan dan drop out dari sekolah.

Program konseling teman sebaya mempunyai alasan-alasan yang rasional, terstuktur, aktifitasnya khas atau spesifik, personal yang melakukannya juga khusus dan diorganisir secara terus menerus. Program ini merupakan usaha mempengaruhi (memperbaiki tingkah laku yang dimiliki oleh siswa), yaitu tingkah laku yang dapat membedakan antara tingkah laku yang pantas dengan tidak pantas, dan menggunakan tingkah laku yang pantas menjadi identitas pribadi yang diharapkan, serta menemukan berbagai cara pemecahkan masalah, dan memberikan pengalaman yang memberikan motifasi mengikuti pelatihan untuk pengembangan diri mereka sebagai orang dewasa yang matang dan bertanggung jawab.peer konseling

Dalam hal ini petugas Upt. puskesmas Tembilahan Hulu berkesempatan untuk turun di SMK NEGERI 1 Pulau Palas untuk mengadakan pelatihan PEER KONSELING bagi siswa dan siswi disekolah tersebut..

“setelah diadakannya pelatihan PEER KONSELING ini kami sangat berharap  siswa dan siswi yang telah dipilih untuk mengikuti pelatihan ini dapat meningkatkan pengetahuan dan kemampuannya sebagai konselor sebaya untuk teman-temannya “

promkes. Anggita Merry Mardini, SKM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here