odfJum’at, 26 Mei 2017, Open Defecation Free (ODF) adalah kondisi ketika setiap individu dalam komunitas tidak buang air besar sembarangan. Deklarasi merupakan strategi awal pencapaian program STBM (sanitasi total berbasis masyarakat), ketika semua masyarakat sadar melakukan perubahan perilaku dan sudah melakukan lima pilar STBM. Lima pilar ini adalah tidak buang air besar sembarangan, cuci tangan pakai sabun atau pengganti sabun, melakukan pengolahan makanan dan minuman rumah tangga, melakukan pengelolaan sampah rumah tangga, dan melakukan pengelolaan air limbah rumah tangga. Perubahan perilaku ini juga harus berkelanjutan dalam arti menjadikan budaya dalam berperilaku hidup bersih dan sehat. Setelah perilaku tersebut sudah dijadikan budaya oleh setiap masyarakat maka program STBM ini baru bisa dikatakan berhasil.

Desa sungai intan adalah suatu desa dikecamatan Tembilahan Hulu kab. Inhil, Perlu terbangun kerjasama yang baik antara masyarakat dan perangkat desa agar tujuan mensejahterakan masyarakat bisa terwujud, Sebagai contoh dalam program STBM, pemerintah desa, kader, Puskesmas, Dinas Kesehatan, sudah melakukan sinkronisasi tentang keberlanjutan program ini.

Untuk pertama kalinya pembuatan sekaligus peletakkan batu pertama diDesa Sungai Intan, Tim Kesling dari Dinas kesehatan yang bersedia mengarahkan cara pembuatan jamban sehat semi permanen yaitu Yudi Indra, SKM, Zulakmal, SKM, dan Devi Natalia, SKM. MH, yang didampingi Kepala UPT puskesmas Tembilahan Hulu Hj. Rosdinah, S.ST, M. Kes beserta pemegang program Kesling Abdullah, Amkl.odf1

“semoga dengan terbangunnya jamban sehat keluarga ini, warga-warga lain juga terpicu dan bisa merubah perilaku mereka untuk tidak BABS lagi, agar desa Sungai Intan bisa menjadi desa yang  masuk dalam kategori PHBS”.

Promkes. Anggita Merry Mardini, SKM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here