UKSTempuling, 23 Mei 2017. Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) adalah usaha yang dilakukan sekolah untuk menolong murid dan juga warga sekolah yang sakit dikawasan lingkungan sekolah.

Sesuai dengan UU no. 23 tahun 1992 pasal 45 tentang kesehatan menyebutkan bahwa, Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) wajib diselenggarakan di sekolah. Oleh karena itu UPT Puskesmas Sungai Salak melakukan pertemuan dan pelatihan Guru UKS yang dilaksanakan di SDN 001 Sungai salak dan dihadiri oleh 2 orang perwakilan guru dari seluruh sekolah sewilayah kerja kecamatan tempuling.

Didalam tatanan pelayanan kesehatan, Guru UKS secara langsung berhubungan dengan promosi kesehatan disekolah yang merupakan suatu upaya untuk menciptakan sekolah menjadi suatu komunitas yang mampu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat sekolah melalui 3 kegiatan utama (Trias UKS), yaitu :
1. Penciptaan lingkungan sekolah yang sehat.
2. Pemeliharaan dan pelayanan kesehatan di sekolah.
3. Upaya pendidikan kesehatan yang berkesinambungan.

Dalam hal ini disampaikan beberapa materi oleh drg. Salfina Riche selaku pemegang program UKS, dan juga Asmuliyanti, SKM yang juga menyampaikan materi PHBS di sekolah, serta beberapa materi lainnya seperti penanganan cidera oleh Vidia, Amd. Fis.UKS1

Setelah acara selesai dilakukan pembagian poster kesehatan untuk semua guru sekolah tersebut dengan tujuan agar promosi kesehatan tidak hanya melalui penyuluhan tetapi melalui media cetak seperti poster tersebut.

By: ASMULIYANTI, SKM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here