IMG-20170526-WA0006UPT Puskesmas Tembilahan Kota, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) menggelar kegiatan Kelas Ibu Pintar Gizi dalam upaya mencegah dan menanggulangi kasus gizi kurang atau Balita dibawah Garis Merah (BGM) dan gizi buruk di wilayah kerja UPT Puskesmas Tembilahan Kota tersebut.

Kelas Ibu Pintar Gizi ini merupakan salah satu pelayanan inovasi gizi untuk menangani kasus gizi buruk/gizi kurang diwilayah kerja UPT Puskesmas Tembilahan Kota.

Kegiatan ini dilakukan di 2 Kelurahan Tembilahan dan Pekan Arba diikuti masing-masing 20 peserta, yang terdiri dari ibu-ibu dengan balita dengan kasus gizi kurang/BGM agar tidak menjadi gizi buruk dan ibu dengan balita gizi buruk untuk pemulihan.

IMG-20170519-WA0029Kepala UPT Puskesmas Tembilahan, drg. Wahyu Winda, M,Si mengatakan, kegiatan ini sangat positif dalam rangka mencegah terjadinya kasus gizi buruk. Bagi ibu balita kelas ibu pintar gizi ini merupakan sarana untuk mendapatkan teman, bertanya, dan memperoleh informasi penting yang harus diterapkan dikeluarganya.

Konsep kegiatan kelas ibu pintar gizi ini selain memberikan pembinaan dan pembelajaran tentang gizi seimbang, juga mengajarkan cara pengolahan makanan yang baik untuk balita, variasi makanan untuk balita, demo memasakĀ  jenis makanan sesuai usia balita dan dilanjutkan simbolis pemberian bingkisan PMT (Pemberian Makanan Tambahan).

Kegiatan ini diikuti antusias oleh peserta dengan proses tanya jawab mengenai gizi anak hingga cara tepat dalam perawatan anak.

Kepala UPT Puskesmas Tembilahan Kota berharap, dengan adanya Kelas Ibu Pintar Gizi ini, ibu-ibu dengan balita gizi kurang beserta keluarganya bisa mendapatkan informasi dan pengetahuan yang lebih banyak mengenai gizi anak-anak mereka.

“Semoga saja nantinya bisa meningkatkan status gizi anak dan keluarga (Kadarzi), serta para ibu bisa menerapkan pengolahan makanan yang sehat dan tepat untuk balita dan keluarganya,” kata drg Wahyu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here