IMG-20170522-WA0028Puskesmas Sungai Piring kembali mengadakan kegiatan lokakarya mini tribulan yang langsung di hadiri lintas sektor dan Dinas Kesehatan Kabupaten Inhil diantaranya Kepala Bidang Seksi Promosi kesehatan, Kecamatan yang di wakili oleh sekcam, Lurah Sungai Piring, Kepala KUA Kecamatan Batang Tuaka, Kepala Desa, Kapustu serta staf puskesmas Sungai Piring, serta Ibu PKK Kelurahan.

Acara tersebut dilaksanakan di Aula kantor Camat Batang Tuaka. Adapun pembahasan mengenai capaian program kinerja puskesmas dalam tahun 2016 diantaranya program imunisasi masih rendahnya capaian program HB 0-7 hari, masih rendahnya cakupan desa ODF stop BABS (buang air besar di sembarang tempat).

Dalam kesempatan itu juga di bahas mengenai rendahnya kunjungan Imunisasi calon pengantin (TT CATIN) dimana dalam kesempatan tersebut KUA Kecamatan Batang Tuaka akan selalu memantau, mendorong dan menyarankan agar setiap calon pasangan pengantin segera ke Puskesmas untuk dilakukan Imunisasi.

Adapun dari hasil kegiatan lokmin tersebut terjadilah kesepakatan antar lintas sektor di antaranya :

  1. Untuk meningkatkan pencapaian program kerja, dilakukan peningkatan penyuluhan baik oleh petugas kesehatan maupun kader yang diberdayakan.
  2. Adanya bantuan alokasi dana diusahakan untuk pengembangan desa/ kelurahan SIAGA AKTIF, desa ber PHBS dimasing-masing desa/kelurahan dari dana DMIJ.
  3. Kegiatan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) yaitu bebas ODF dengan memasukkan ke APBD dan arisan jamban, setiap desa menganggarkan untuk jamban sehat dari dana APBDes.
  4. TP PKK Kecamatan/Kelurahan bersedia berperan aktif dalam pelaksanaan desa siaga aktif dan desa ber PHBS.

 

Editor : Tuti Auliyah,SKM selaku promotor kesehatan Upt Puskesmas Sungai Piring

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here