WhatsApp Image 2017-05-17 at 09.26.53SELASA, 16 Mei 2017. UPT Puskesmas Teluk Pinang melaksanakan Lokakarya Mini (LOKMIN) tahunan yang dilaksanakan di aula UPT Puskesmas Teluk Pinang. Pada kegiatan lokmin ini mengangkat 3 permasalahan utama yaitu membahas adanya kematian neonatus sebanyak 6 orang ditahun 2016, rendahnya cakupan balita yang ditimbang berat badannya (D/S), dan masih kurangnya cakupan keluarga pemakai JAGA (Jamban Keluarga) diwilayah kerja UPT Puskesmas Teluk Pinang.

Kegiatan Lokmin yang dihadiri langsung oleh pejabat Dinkes Inhil, Camat Kecamatan GAS, lurah/kades sewilayah kerja UPT Puskesmas Teluk Pinang, Kader posyandu, dukun bayi, dan semua staf Puskesmas Teluk Pinang.

“Dari permasalahan yang kita bahas ini bisa kita atasi secara bersama tentunya dengan adanya peran lintas sektor. terimakasih kepada pihak-pihak terkait tentu sangat membantu sekali untuk kerjasama yang baik. kita sama-sama tahu bahwa peran pemangku kepentingan sangat diharapkan sekali, apalagi kita sedang menggalakkan Desa/Kelurahan Siaga Aktif, oleh sebab itu jika program ini berjalan dan didukung oleh pihak Kecamatan dan Desa tentu permasalahan ini bisa kita atasi” ujar ibu Siti Kordiati selaku Kepala UPT Puskesmas Teluk Pinang.

WhatsApp Image 2017-05-17 at 09.26.54“di Desa kami masih banyak bangunan jamban di sepanjang aliran sungai, saya sangat mendukung pembuatan jamban sehat, semoga kita bisa bekerja sama untuk merubah Mindset masyarakat kami kearah perilaku hidup bersih dan sehat, Desa kami bersedia menjadi Pilot Project dalam pembuatan jamban sehat ini. dari pihak Desa kami akan turut memfasilitasi pelaksanaannya nanti” tutur bapak Rahelmi, S.Pd, M.Si, lurah kelurahan sungai empat.

Dari permasalahan yang diangkat memang lebih mengedepankan peran promosi kesehatan dan peningkatan kegiatan penyuluhan. bukan hanya dari tenaga promkes yang bekerja tapi peran semua tenaga kesehatan yang ada baik medis maupun non medis. Penyuluhan yang intensif dan peran lintas sektor sangat dikedepankan untuk memecahkan masalah kesehatan yang ada.

Narasumber: [email protected] Ayun, SKM promkes Puskesmas Teluk pinang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here