IMG-20170428-WA0012UPT Puskesmas Tembilahan Kota bekerjasama dengan Kecamatan Tembilahan menggelar sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) dan Keluarga Sehat (KS). Program Nasional itu untuk memberikan pemahaman pola hidup sehat kepada seluruh elemen masyarakat Indonesia, khususnya bagi masyarakat Tembilahan.

Sosialisasi tersebut dilakukan dihalaman Kantor Camat Tembilahan dan dihadiri kurang lebih 300 orang peserta.

Menurut Kepala UPT Puskesmas Tembilahan Kota drg Wahyu Winda Msi, sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan untuk berperilaku sehat agar meningkatnya kualitas hidup.

“Program Germas dan Program Keluarga Sehat melalui pendekatan keluarga ini merupakan upaya promotif dan preventif untuk mencegah masyarakat agar tidak mudah sakit. Sosialisasi ini menjadi sebuah langkah untuk mendorong terciptanya pribadi dan lingkungan yang sehat”,ujarnya.

Sosialisasi itu, kata Wahyu Winda, diantaranya meliputi kampanye Gerakan Masyarakat Hidup Sehat dan Keluarga Sehat serta 3 indikator Germas yaitu melakukan aktifitas fisik, mengkonsumsi sayur dan buah serta cek kesehatan rutin yaitu pemeriksaan kesehatan, pemeriksaan IVA dan HIV AIDS.

“Kita tahu saat ini penyakit tidak menular seperti hipertensi, diabetes, jantung dan kanker merupakan penyakit dengan jumlah penderita tertinggi di Indonesia. Diharapkan dengan membudayakan sehat melalui germas iniĀ  angka kesakitan terutama penyakit tidak menular dapat diturunkan,”tambahnya.

IMG-20170428-WA0011

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here