IMG-20170421-WA0015Setiap jenis dan tempat pekerjaan baik pekerja formal maupun informal memiliki resiko yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan, untuk itu kesadaran kesehatan pekerja harus di tingkatkan. Hal itulah yang mendorong UPT Puskesmas Tembilahan Kota melakukan kegiatan rutin Program Kesehatan Kerja (Pos UKK).

Menurut Kepala UPT Puskesmas Tembilahan Kota drg. Wahyu Winda, M.Si, upaya pengembangan Pos UKK berperan penting bagi kemajuan kesehatan para pekerja formal maupun informal seperti buruh, petani maupun tukang.

“Tujuannya adalah untuk meningkatkan pengetahuan pekerja tentang kesehatan kerja dan kemampuan dalam menolong diri sendiri, meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan pekerja terhadap risiko dan bahaya akibat pekerjaannya untuk menjangkau pelayanan kesehatan bagi pekerja”,ungkapnya.

Saat ini UPT Puskesmas Tembilahan Kota telah memiliki dua Pos UKK yaitu Pos UKK bagi petugas kebersihan dan Pos UKK bagi petani dan tukang.

Dalam kegiatan Pos UKK tersebut, ia menjelaskan kegiatan terdiri dari pemeriksaan kesehatan berkala, pengobatan penyakit ringan, penyuluh kesehatan berkaitan dengan pekerja, pemeriksaan deteksi dini kanker serviks dengan metode IVA (Inspeksi Visual Asam Asetat) bagi pekeja wanita, pemeriksaan HIV AIDS dan lain-lain.

“Jadi upaya kesehatan kerja tersebut ditujukan untuk melindungi pekerja agar hidup sehat dan terbebas dari gangguan kesehatan serta pengaruh buruk yang diakibatkan oleh pekerja”,tutupnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here