IMG-20170408-WA0034Sebagai upaya deteksi dini bagi wanita terhadap ancaman kanker servik atau kanker leher rahim, UPT Puskesmas Tembilahan Kota menggelar Pemeriksaan Kanker Serviks dengan metode IVA (Inspeksi Visual Asam Asetat) di Kelurahan Tembilahan Kota.

Tujuan kegiatan ini dikatakan Kapus Tembilahan Kota drg. Wahyu Winda MSi untuk mengetahui secara dini adanya lesi pra kanker servik/ kanker leher rahim, untuk mengurangi morbiditas dan mortalitas penyakit kanker servik.

“Tes IVA merupakan salah satu upaya pemeriksaan awal yang diprioritaskan bagi perempuan Indonesia agar dapat dilakukan penanganan dengan tepat dan cepat sejak dini karena kanker servik ini banyak menyerang wanita, dimana saat ini menduduki urutan pertama di negara berkembang dan urutan kedua di dunia”, Ungkapnya.

Ia menjelaskan bahwa pemeriksaan dilakukan melalui inspeksi Visual Asam Asetat ( IVA ) test dengan cara melihat langsung dengan mata telanjang, pengolesan asam asetat 3%.

“Kelebihan dari pemeriksaan IVA ini tekniknya mudah, biaya murah, tingkat sensitivitasnya tinggi, hasilnya dapat segera diketahui dan dapat dilakukan oleh tenaga kesehatan selain ginekologi seperti dokter umum dan bidan”, tambahnya.

Pada kesempatan tersebut Wahyu Winda mengatakan bahwa pelaksanaan deteksi IVA kali ini dilakukan selain di Puskesmas juga dilakukan secara mobile bekerja sama dengan TP PKK Kecamatan dan Kelurahan.

“Hal ini dilakukan mengingat masih banyak para wanita usia subur yang masih belum mau dan malu untuk memeriksakan dirinya sehingga kita perlu sosialisasi  lebih banyak ke masyarakat”, tutupnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here