Kurma merupakan jenis buah yang berasal dari negara Timur Tengah, yaitu Saudi Arabia. Pohon kurma dapat tumbuh pada tanah berpasir dengan suhu yang cukup ekstrim. Di negara Indonesia, kurma juga merupakan buah yang banyak dikonsumsi terutama pada bulan Ramadhan. Pada saat sahur dan berbuka puasa kurma merupakan buah yang banyak dikonsumsi oleh ummat muslim di bulan yang penuh rahmat. Sebab, di dalam kurma terdapat kandungan sejumlah nutrisi yang bermanfaat untuk menambah energi, menjaga kesehatan pencernaan dan dapat memenuhi asupan nutrisi yang hilang selama berpuasa.

Tak hanya enak untuk dikonsumsi dan memberikan sejumlah manfaat untuk kesehatan tubuh, ternyata kurma juga mempunyai manfaat yang baik untuk ibu hamil. Semua orang pasti sudah mengetahui bahwa ibu hamil membutuhkan asupan nutrisi lebih banyak dibandingkan dengan wanita yang tidak hamil. Dikarenakan memenuhi asupan nutrisi untuk ibu hamil dapat membuat ibu dan janinnya menjadi sehat.

Gambar Kurma

Saat hamil, seorang 4wanita sangat dianjurkan untuk selalu menjalankan pola hidup sehat yaitu dengan cara banyak beristirahat, mengkonsumsi makanan – minuman yang bergizi, tidak malas untuk bergerak, tidak merokok dan tidak mengkonsumsi obat-obatan. Salah satu jenis asupan nutrisi yang harus dikonsumsi oleh ibu hamil adalah sayur dan buah-buahan.

Mengutip informasi dari manfaat.co.id, kurma merupakan buah yang dapat dikonsumsi oleh ibu hamil karena di dalamnya terdapat sumber nutrisi yang baik untuk ibu dan janinnya. Kandungan tersebut terdiri atas sumber mineral dan berbagai vitamin. Kandungan mineral yang terdapat di dalam kurma diantaranya adalah kalium, kalsium, magnesium, fosfor, zinc, natrium dan zat besi. Sementara untuk kandungan vitamin di dalamnya terdiri dari vitamin A, vitamin K, asam folat, niasin, riboflavin dan thiamin. [1]

Dengan adanya semua kandungan nutrisi tersebut, maka tak mengherankan jika kurma mempunyai manfaat untuk ibu hamil. Untuk mengetahui manfaatnya secara lebih jelas, ketahuilah informasi di bawah ini tentang manfaat kurma untuk ibu hamil. Beberapa diantaranya diambil dari sumber disehat.com.

6 Manfaat Kurma untuk Ibu Hamil

  1. Mencegah dan Mengobati Anemia
    Karena mempunyai rasa manis sudah dapat dipastikan bahwa di dalam kurma terdapat kandungan gula. Gula yang terdapat di buah kurma dapat digunakan untuk mencegah dan mengobati penyakit anemia atau kurang darah yang sering dialami oleh ibu hamil.
  2. Meningkatkan Sistem Pencernaan
    Ketika hamil seorang wanita akan sering mengalami masalah gangguan pencernaan seperti sembelit dan susah buang air besar. Untuk mengatasinya dapat dilakukan dengan mengkonsumsi kurma karena kandungan nutrisi di dalamnya mempunyai kemampuan untuk melancarkan sistem pencernaan.
  3. Dapat Menambah Energi
    Kandungan glukosa yang terdapat di dalam kurma bermanfaat untuk meningkatkan dan menambah energi di dalam tubuh terutama untuk ibu hamil. Pasalnya, ibu hamil memerlukan lebih banyak energi untuk melakukan aktivitas.
  4. Merangsang Syaraf Otak
    Salah satu kandungan mineral di dalam kurma, yaitu kalium dapat digunakan untuk merangsang syaraf otak sehingga berfungsi untuk meningkatkan kecerdasan otak dan dapat digunakan untuk mempertajam daya ingat.
  5. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi
    Kandungan kalsium, fosfor dan mineral lainnya yang terdapat di dalam kurma sangat bermanfaat untuk kesehatan dan perkembangan janin. Pasalnya, kandungan mineral di dalam kurma tersebut berperan untuk membantu pembentukan tulang dan gigi bayi. Kandungan mineral tersebut juga dibutuhkan oleh ibu hamil agar terhindar dari penyakit gangguan tulang seperti osteoporosis. [2]
  6. Mencerdaskan Otak Janin
    Di dalam kurma terdapat kandungan asam folat yang dapat digunakan untuk mencerdaskan otak janin dan membantu proses pembentukan otak janin menjadi lebih sempurna.

Oleh karena itu semua, ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi 3 buah kurma setiap harinya. Apabila merasa bosan untuk mengkonsumsi kurma secara langsung, buatlah hasil olahan kurma yang mempunyai rasa yang nikmat seperti salad buah yang dicampur kurma, jus kurma, kue kurma, sari kurma dan lain sebagainya.

Referensi : manfaat.co.id/manfaat-sari-kurma-disehat.com/manfaat-kurma-untuk-kesehatan-ibu-hamil-janin-dan-bayi

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here