IMG-20170323-WA0042Tembilahan, UPT Puskesmas Tembilahan Kota membentuk Posyandu Sehat Jiwa bagi pasien Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di Kecamatan Tembilahan, Kabupaten Indragiri Hilir , Kamis (23/03/2017).

Peresmian tersebut berlangsung di Aula UPT Puskesmas Tembilahan Kota yabg dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Kab. Inhil yang dalam hal ini diwakili oleh Kabid Kesehatan Masyarakat Asiah. M. S.ST  M.Kes, Camat Tembilahan Kota RM Sudinoto SP, MM, Lurah Tembilahan Kota Umarullah Missasi, S.IP, dan Kepala UPT Puskesmas Tembilahan Kota drg Wahyu Winda, M.Si.

Pembentukan Posyandu Sehat Jiwa ini dilatarbelakangi oleh makin meningkatnya jumlah pasien gangguan jiwa di UPT Puskesmas Tembilahan Kota. Saat ini jumlah pasien ODGJ diwilayah kerja UPT Puskesmas Tembilahan Kota sekitar 80 orang dan beberapa diantaranya ada yang pernah dipasung. Kepala UPT Puskesmas Tembilahan Kota, drg Wahyu Winda, M.Si mengatakan keberadaan posyandu ini bertujuan untuk memberdayakan pasien ODGJ, memantau kesehatan mereka dan memanusiakan manusia.

“Dengan adanya posyandu sehat jiwa ini kita bisa lebih fokus menangani masalah kesehatan jiwa pasien. Selain melakukan pemerikaaan fisik, melalui posyandu ini kita berupaya untuk mengembalikan kemampuan berpikir  dan fungsi sosial mereka, sehingga bisa melakukan aktivitas kembali secara normal di lingkungan masyarakat”tutur drg. Wahyu Winda.

IMG-20170323-WA0041Peran dan dukungan keluarga dalam membantu proses penyembuhan pasien ODGJ ini sangatlah penting, untuk itu dalam pembentukan Posyandu Sehat Jiwa ini sengaja mengundang pihak keluarga pada kegiatan posyandu sehat jiwa ini. drg. Wahyu Winda berharap melalui posyandu sehat jiwa ini pasien ODGJ dapat beraktivitas kembali secara mandiri dan produktif.

“Harapan saya para peserta posyandu ini bisa sehat kembali, bisa beraktivitas secara mandiri dan lebih produktif yang tentunya perlu dukungan seluruh anggota keluarga”tambahnya.

Galeri foto selengkapnya, klik disini.

Narasumber: PKM.Tbh [email protected]Monica

SHARE
Previous articleUPT PUSKESMAS SELENSEN TINGKATKAN UPAYA PENANGGULANGAN HIV AIDS DAN TB PARU 
Next articleDINAS KESEHATAN KAB. INHIL JADIKAN SENAM SEHAT SEBAGAI LANGKAH AWAL SEHATKAN MASYARAKAT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here