IMG-20170324-WA0039Sejak adanya layanan khusus HIV / AIDS melalui klinik VCT di Puskesmas Tembilahan Kota, semakin banyak terjaring kasus orang yang terinfeksi HIV/AIDS.

Saat ini ada sekitar 20 orang positif HIV datang ke Puskesmas Tembilahan Kota secara rutin untuk konseling, memeriksakan kesehatan dan mendapatkan obat antiretroviral (ARV).

Untuk itu UPT Puskesmas Tembilahan Kota membentuk Posyandu ODHA (Orang Dengan HIV AIDS) sebagai bentuk dukungan dan kepedulian terhadap mereka.

Kegiatan ini juga bekerjasama dengan Kelompok Dukungan Sebaya (KDS) Family Support Groups Tembilahan dan BDPN Tembilahan yang mana telah lama mendampingi teman-teman odha untuk diberikan konseling seputar HIV AIDS, akses layanan ke Puskesmas atau rumah sakit serta selalu mengingatkan untuk selalu patuh mengkonsumsi ARVnya.

Kepala UPT Puskesmas Tembilahan Kota drg. Wahyu Winda, M.Si mengatakan dengan adanya posyandu ini para ODHA bisa secara rutin memeriksakan kesehatannya, menguatkan mereka agar tetap minum obat ARV, dan konseling kondisi kesehatan mereka selama terapi.

Pada kesempatan yang sama ia juga menyampaikan Harapannya “semoga dengan ini kesehatan para odha dapat terpantau dengan baik, sehingga mereka dapat beraktivitas secara normal dan dapat menurunkan tingkat penyebaran/ penularan HIV /AIDS di masyarakat”.

Selain layanan klinik VCT HIV/AIDS di Puskesmas, layanan posyandu ODHA, Puskesmas Tembilahan Kota juga melakukan mobile VCT kemasyarakat, kelokasi-lokasi yg dianggap beresiko penularan HIV, dan pada ibu-ibu hamil tanpa dipungut biaya ( gratis).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here