IMG-20170126-WA0002Gaung Anak Serka, 25/1/2017. Kemitraan bidan dengan dukun adalah suatu bentuk kerjasama bidan dengan dukun yang saling menguntungkan dengan prinsip keterbukaan, kesetaraan, dan kepercayaan dalam upaya untuk menyelamatkan ibu dan bayi, dengan menempatkan bidan sebagai penolong persalinan dan mengalih fungsikan dukun dari penolong persalinan menjadi mitra dalam merawat ibu dan bayi pada masa nifas, dengan berdasarkan kesepakatan yang telah dibuat antara bidan dengan dukun, serta melibatkan seluruh unsur/elemen masyarakat yang ada, kini dibawah wilayah binaan Puskesmas Sungai Iliran bersama Dinas Kesehatan  Kabupaten Indragiri Hilir sukses menjalin kerja sama kemitraan antara dukun bayi dan bidan.

IMG-20170201-WA0019kegiatan kerjasama Kemitraan dihadiri juga oleh Kabid Kesehatan Masyarakat (kesmas) ibu Asiah Junaidi, S. ST, M. Kes juga tampak didampingi Kepala UPT. Puskesmas Sungai Iliran Bapak. Kusma Hendra, SKM. pentingnya upaya lancarnya Kemitraan ini adalah untuk meningkatkan mutu pelayanan KIA di wilayah Puskesmas  dalam rangka mempercepat penurunan angka kematian ibu dan bayi dan terlebih lagi untuk meningkatkan pengetahuan dukun bayi dan masyarakat tentang ibu hamil resiko tinggi, ibu bersalin resiko tinggi, dan neonatal (bayi dalam usia awal kelahiran resiko tinggi), sehingga meningkat juga kesadaran masyarakat tentang pentingnya pemeriksaan kehamilan dan pertolongan persalinan oleh tenaga kesehatan. Sehingga angka kematian ibu dan angka kematian neonates dapat ditekan semaksimal mungkin.

kegiatan kemitraan ini disukseskan juga oleh dr. Annisa Ariyani Musya dan Bikor Puskesmas Sungai Iliran juga Bidan dan Dukun Bayi di wilayah kerja Puskesmas Sungai Iliran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here