BGW84OPEKementerian Kesehatan melakukan akreditasi untuk puskesmas di seluruh Indonesia. Tahun ini sudah ada 6 puskesmas yang terakreditasi di provinsi Riau. 3 Puskesmas merupakan di Kabupaten Indragiri Hilir yang berstatus akreditasi Madya yaitu : Puskesmas Gajahmada, Puskesmas Tembilahan Hulu dan Puskesmas Tembilahan Kota. Puskesmas Bukit Kayu Kapur Kota Dumai berstatus akreditasi Madya, sementara yang berstatus akreditasi dasar yaitu Puskesmas Siak dan Puskesmas Kunto Darussalam dari Kabupaten Rokan Hulu.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri hilir H. Zainal Arifin, M.Kes saat ditemui team media center mengungkapkan sangat mengapresiasi atas pencapain Puskesmas Tembilahan Kota, Tembilahan Hulu dan Gajah Mada dan semoga kedepannya bisa menjadi percontohan untuk puskesmas yang lain khususnya di Inhil.

“Selamat kepada Puskesmas Tembilahan Kota, Tembilahan Hulu dan Gajah Mada, terima kasih atas persembahan prestasi oleh Puskesmas, semoga sejarah mencatat, para Kepala Puskesmas dan Seluruh Tim yang solid tetap bersinergis dalam memajukan bidang kesehatan di Kabupaten Indragiri Hilir.” harap kadiskes

Sementara itu menurut Kepala Puskesmas Gajah Mada Subowo Radiyanto, SKM, MKS Penilaian dilaksanakan oleh Tim Surveyor Pusat. Ada 3 pokja yg dinilai yaitu Administrasi dan Manajemen (Admen), Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) dan Upaya Kesehatan Perorangan (UKP). Hasil penilaian mulai yang terendah yaitu Tidak Terakreditasi, Terakreditasi Dasar, Madya, Utama dan tertinggi Paripurna. Kita akan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat sebagai bukti akreditasi Puskesmas. Pada tahun 2019 kita akan dinilai ulang oleh tim surveyer untuk tindak lanjut akreditasi puskesmas, jelas Subowo melalui seluler saat dikonfirmasi team media center.

“Saya berharap seluruh karyawan Puskesmas Gajah Mada semakin semangat untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat dan semakin meningkatkan kerjasama baik lintas program maupun lintas sektor. Sehingga kinerja dan akreditasi puskesmas akan semakin baik.” tutupnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here