20161116_102738Grand Hotel Tembilahan, 16 November 2016. Dinas kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir melalui seksi pelayanan dasar melaksanakan pertemuan evaluasi Program Usaha Kesehatan Kerja atau UKK bagi pengelola program UKK Puskesmas se- Kabupaten Indragiri Hilir. Kegiatan yang dilaksanakan ini merupakan bagian dari ilmu Kesehatan Masyarakat yang khusus mempelajari secara luas dan mendalam permasalahan kesehatan yang berkaitan dengan pekerjaan, peningkatan kesehatan pekerja, perbaikan lingkungan kerja dan pengembangan organisasi kerja dan budaya kerja kearah yang mendukung kesehatan dan  keselamatan.

Pada kegiatan evaluasi yang dilaksanakan di Aula Hotel Grand Tembilahan ini menghadirkan Narasumber dari Dinas Kesehatan Provinsi Riau ibu Yuli Devila, SKM yang didampingi oleh Kepala Seksi Kesehatan Khusus Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir Ibu Devi Natalia, SKM, MH. Peserta evaluasi diberikan pemaparan dan pemahaman mengenai Program Usaha Kesehatan Kerja. Yuli Devila mengungkapkan dalam Konfirmasinya melalui Media Center Dinkes menuturkan

kita sangat merasa bahagia dan bangga karena Indragiri Hilir adalah salah satu kabupaten yang mendapatkan anggaran dari APBD untuk anggaran program kesehatan kerja ini”.

Seperti yang kita lihat selama ini progran kesehatan kerja ini seringkali tidak terperhatikan padahal sebenarnya kunci dari kesehatan masyarakat adalah berada pada pekerja ini, karena pekerja yang sehat dan produktif ditambah lagi bekerja dalam lingkungan yang nyaman dan sehat akan menghasilkan pekerja-pekerja yang bagus dan handal, dan tentunya ini akan berpengaruh terhadap perbaikan ekonomi masyarakat, Tambahnya.

20161116_102811Program kesehatan kerja ini sebenarnya sudah cukup lama dilaksanakan di provinsi Riau, hanya saja untuk Indragiri Hilir akan kita mulai pada tahun ini, karena adanya keterbatasan anggaran dan program ini lebih difokuskan kepada pekerja informal sebab untuk pekerja formal mereka sudah mendapatkan jaminan sendiri. Untuk itu pekerja informal melalui program kesehatan kerja ini akan mendapatkan pelayanan untuk kesehatan mereka seperti tukang becak, nelayan, dll.

Untuk kedepannya Setiap Puskesmas dituntut untuk lebih proaktif dalam memberikan pelayanan  kesehatan kepada masyarakat hingga tercapai tujuan Program Usaha Kesehatan Kerja bagi pekerja yang ada kabupaten Indragiri Hilir ini.

kita berharap intrnal Puskesmas yaitu setiap tenaga kesehatan harus sudah menggunakan septi atau alat pelindung diri ( APD) dan sesuai SOP dan setelah itu harapan kita semoga pelayanan kepada pekerja informal yang kita layani dan adanya suatu wadah dalam bentuk POS UKK”.

Harapan kedepannya kita berharap kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir untuk lebih memperhatikan program kesehatan kerja dengan memberikan pengarahan ke setiap Kepala Puskesmas dan petugas-petugasnyapun juga akan kita beri pelatihan termasuk juga Dokter yang di Puskesmas Tersebut untuk mendiagnosa penyakit akibat kerja dan kecelakaan akibat kerja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here